Review Wattpad

Minggu, 23 Februari 2014

Dino Patti Djalal, sang "Nasionalisme Unggul" Bangsa Indonesia

Dino Patti Djalal. Nama itu sering terdengar di Indonesia, apalagi di luar negeri, terlebih khusus di Amerika Serikat. Dikenal sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika, sebuah negara adidaya dunia. Lahir di Beograd, Yugoslavia, pada 10 September 1965. Meski terlahir bukan di Indonesia, ia memiliki sifat nasionalisme yang sangat besar.
Ia sempat menempuh pendidikan di SD Muhammadiyah , SMP Al Azhar, dan Maclean High School di Virginia, Amerika Serikat, dan kemudian memperoleh gelar Bachelor's Degree in Political Science dari Carleton University (Ottawa, Kanada) dan gelar Master in Political Science dari Simon Fraser University (British Columbia, Kanada). Orang tuanya, Prof. Hasyim Djalal, adalah seorang ahli dalam Hukum Kelautan. Karirnya mulai menanjak ketika tahun 1987, ia bergabung pada Departemen Luar Negeri di Indonesia. Ia lalu diangkat sebagai Direktur Urusan Amerika Serikat pada periode 2002-2004.Saat ini , Pak Dino menikah dengan Ibu Rosa Rai Djalal, dan memiliki 3 anak, yaitu Alexa, Keanu, dan Chloe.Selain dikenal sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika beberapa waktu lalu, ia juga dikenal sebagai penulis pidato untuk presiden, penulis buku, aktivis, dan juga menjadi seorang akademisi. 
Buku-bukunya yang telah diterbitkan yaitu: "Para geopolitik maritim di Indonesia kebijakan teritorial" (Jakarta: CSIS, 1996),"Transformasi Indonesia" (Jakarta: Gramedia, 2005),"Indonesia pada bergerak" (Jakarta: Gramedia, 2006); kemudian diterjemahkan ke dalam "Indonesia Unggul" (Jakarta: Gramedia, 2008),"Harus Bisa!" (Jakarta: Merah Putih, 2008), dan "Energi Positif" (Jakarta: Merah Putih, 2009). Salah satu bukunya menjadi best seller, yaitu buku "Harus Bisa!". 
Ada sebuah slogan yang terkenal dan menjadi ciri khas Pak Dino, yaitu "Nasionalisme Unggul 4521" , yang berarti Nasionalisme Unggul 4521 adalah suatu semangat, etos hidup, karakter bangsa, sekaligus resep sukses yang dapat membuat bangsa Indonesia melesat menjadi raksasa Asia. Di abad 21, merdeka saja tidak cukup, berdaulat saja tidak cukup, kita harus unggul di dalam, unggul di luar.
Saya rasa, Pak Dino Patti Djalal merupakan sosok inspiratif yang dapat menginspirasi generasi muda Indonesia di zaman ini. Terutama karena sikap nasionalismenya yang tinggi.
Semangat 45, Unggul Abad 21! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar