Review Wattpad

Minggu, 23 Februari 2014

Generasi Muda Indonesia dalam Memajukan Tingkat Kualitas Pendidikan dan Sumber Daya Manusia di Indonesia


Indonesia. Sebuah negeri dengan jumlah sumber daya manusia yang cukup banyak. Pendidikan, pasti salah satu hal yang terpenting untuk menunjang kualitas sumber daya manusia (SDM) agar unggul dalam berbagai bidang.
Tak dapat dipungkiri, masih belum banyak SDM Indonesia yang mencari ilmu sampai tingkat S1 atau yang setara dengan itu. Terkadang,dalam hal ini ada juga tenaga kerja Indonesia(TKI) yang sebenarnya masih dalam umur sekolah, namun sudah bekerja.

Biarpun sudah diberi pembekalan, seperti bahasa di daerah yang akan menjadi tempat untuk bekerja, tetap saja itu belum cukup. Diperlukan sebuah pendidikan, baik itu pendidikan teori maupun praktek.
Pendidikan berupa teori itu biasanya didapat dari jenjang pendidikan dasar, menengah pertama, menengah atas, dan juga universitas. Sedangkan pendidikan berupa praktek, yang biasanya terdapat di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan Universitas, dalam program KKN (Kuliah Kerja Nyata).
Namun, masih terdapat banyak kendala untuk membuat seluruh penduduk Indonesia, terutama tenaga-tenaga kerja , bisa mengecap pendidikan hingga minimal tingkat strata 1. Hal ini dapat dilihat dari data statisik di Indonesia tahun 2011, yang disajikan dalam bentuk tabel di bawah ini:



Meski menunjukkan perkembangan , tetap saja masih beberapa persen penduduk Indonesia yang menamatkan pendidikan sampai S1. Hal-hal yang menjadi pemicu rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia yaitu:
1. Adanya anggapan bahwa cukup dengan anak tahu membaca, menulis, dan berhitung, tidak perlu melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.
2. Ekonomi orang tua siswa yang kurang.
3. Ada anggapan bahwa lebih baik bekerja membantu orang tua dibanding sekolah.
4. Belum meratanya gedung dan fasilitas sekolah di seluruh Indonesia
Bila dilihat dari empat pokok permasalahan di atas, solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yaitu :
1. Membuat program sekolah gratis dan beasiswa bagi siswa berprestasi. Hal ini sebenarnya sudah diterapkan pemerintah, namun belum diadakan di semua daerah.
2. Mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya bersekolah.
3. Meningkatkan fasilitas sekolah.
4. Mengirim tenaga kerja guru ke pelosok daerah di seluruh Indonesia, terlebih khusus di daerah terpencil.
Dengan demikian, kita bisa meningkatkan kualitas SDM di Indonesia, karena pendidikan adalah hal yang sangat menunjang tinggi maupun rendahnya kualitas SDM di negara kita tercinta, Indonesia. Ayo, sebagai generasi muda Indonesia, majukan pendidikan dan kualitas SDM Indonesia! Semoga, dengan generasi muda Indonesia yang semangat dalam belajar dan semangat dalam bekerja, kita bisa membuat perubahan besar di Indonesia. Dengan semangat Nasionalisme Unggul bapak Dino Patti Djalal, generasi muda Indonesia maju terus! Indonesia, kami bangga denganmu! Maju terus INDONESIA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar